Tuesday, January 14, 2014

Halusnya Tutur Kata yang Melemahkan Sebilah Belati

Assalamualaikum. Selamat sore :)

Mumpung lagi libur, tulis sedikit ah. Kemarin malam setelah pulang dari kantor, saya makan malam terlebih dahulu bersama beberapa kawan kantor, toh besoknya hari libur jadi santai sejenak gak apa2x. Akhirnya baru pulang menuju rumah sekitar jam 9 malam. Ups, udah gak ada bus, men! Ya sudahlah, akhirnya saya lambaikan tangan untuk memanggil taksi.

Berhentilah taksi berwarna orange yang dilengkapi dengan tv kecil di dalamnya. Iseng-iseng ganti channel, ternyata channel yang mereka punya channel luar O.O lumayan kaget juga saya. Iseng-iseng lagi saya perhatikan argo yang berjalan. Ternyata argo semakin cepat saat saya menonton tv :)) Akhirnya saya matikan saja tv nya dan memilih radio.

Saya : "Pak, bisa nyalakan radio nya?"
Supir taksi : "Wah, disini gak ada radio, ada nya tv. silahkan tv nya dinyalakan mbak supaya tidak bosan."
Saya : "hmm.. ok. gak, Pak. gak apa2x, saya lagi gak pingin nonton tv" *padahal karena ngeri ngeliat argo yang semakin cepat jika menyalakan tv :)))

Beberapa menit saya pun mati gaya. Hp mati, gak ada radio, kalau menyalakan tv nanti saya jadi bokek. OK lah, saya pun akhirnya memutuskan untuk berbicara dengan supir taksi :) Speak-speak gitu lha :))

Saya : "Sudah berapa lama pak jadi supir taksi?"
Supir taksi : "Sekitar 2.5 tahun mbak. Mbak kerja dimana?"
Saya : " Saya kerja di Sudirman, mengerjakan projek MRT."
Supir taksi : "oooh.."

Terjadilah percakapan sekitar pekerjaan.. dan saya pun bertanya

Saya : "Bapak kalau pulang jam berapa?"
Supir taksi : "Kalau jam kantor saya, dari jam 4 shubuh sampai jam 2 pagi. Tapi saya biasanya pulang jam 10 malam tuk istirahat sebentar lalu nanti mobil saya parkir di pool"
Saya : "Wah, sekitar 20 jam ya... Bapak gak takut kalau nyetir malam2x gini?"
Supir taksi : "hehe.. saya tahu arah pertanyaan mbak kemana"
Saya : *waduh, jangan2x dia ngira gw hantu lagi :)))
Supir taksi : "Saya percaya mbak, kalau kita bersikap baik maka orang yang kita hadapi pun akan jadi baik juga"
Saya :...terdiam... *nah ini doi sekarang ngira gw hantu apa rampok yak?? :))))
Supir taksi : "Saya ada cerita mbak. Waktu itu ada 1 orang wanita nyetop taksi saya di sekitar daerah Casablanca..."
Saya : *please jangan cerita hantu malem2x gini :((((
Supir taksi : "Ditengah perjalanan dia nyuruh saya untuk berhenti karena ada kawannya yang mau ikut. Pas saya buka kunci pintu, masuk 4 orang lewat samping kanan kiri cepat banget! Feeling saya langsung gak enak... apalagi tujuan mereka ke daerah yang rawan perampokan."
Saya : "ya ampun.. trus apa yang bapak lakukan??"
Supir taksi : "ya balik lagi dengan kepercayaan saya tadi. Kalau saya baik, orang pun akan baik. Akhirnya saya ajak mereka ngobrol baik2x. Tempo hari ada supir taksi yang di rampok... kasian..penghasilan gak besar, di rampok pula.. bahkan gak jarang yang dibunuh.. padahal supir taksi itu cuma orang kecil... melototin jalanan selama 20 jam dengan berbagai resiko yang apapun bisa terjadi di jalan... orang kecil yang keluarganya menunggu di rumah, demi penghasilan yang gak seberapa... kalau supir taksi itu orang kaya, mana mungkin jadi supir taksi? ya kan?"
Saya : ...terharu... "iya pak, bener itu..terus mereka gimana pak??"
Supir taksi : "mereka dengerin saya ngomong waktu itu. Trus jalanan kebetulan lagi macet karena ada pak ogah. Salah satu dari mereka turun ke jalan dan marahin itu pak ogah! ha ha.. kelihatan bener deh premannya. Saya jadi makin siaga setelah mendengarkan dia marah ke pak ogah itu. Karena kelihatan benar kalo dia itu preman. Kemudian, belum sampai tujuan mereka minta untuk turun. Salah dari mereka kasih saya uang tuk bayar. Pas saya ingin kembalikan, eh mereka bilang kembaliannya untuk saya saja."
Saya : "bapak selamat ya hehe.. "
Supir taksi : "alhamdulillah mbak.. Saya udah pasrah, kalau gak mau bayar ya sudah, kalau bayar ya sukur alhamdulillah. Saya ada cerita lagi mbak. Waktu itu di daerah Sudirman, ada 2 cowok naik taksi saya. Pas di dalam taksi mereka buka jaket, aduh tato an semua... terus bau alkohol... Wah udah deh, ini gak beres. Bener aja, tujuan mereka ke **** daerah Tanah Abang. Disitu banyak kejadian pembunuhan dan perampokan. Akhirnya saya ajak ngobrol mereka dan cerita tentang kejadian perampokan yang dialami teman saya sesama supir taksi. Saya coba pikiran mereka pelan-pelan kalau supir taksi itu orang susah juga. Eh, karena terlalu banyak ngobrol akhirnya tempat tujuan mereka itu jadi kelewatan trus saya minta maaf. Dia marah dikira saya sengaja. Saya bilang, kalau saya sengaja kenapa saya pake bilang segala dan minta maaf. Akhirnya mereka turun dan ngasih saya uang. Pas saya mau kembalikan, mereka bilang buat saya aja. Trus mbak, besok nya saya baca koran... ada supir taksi yang dibunuh dengan cara ditusuk pisau beberapa tusukan lalu dibuang di selokan daerahnya sama kaya tujuan orang2x yang naik taksi saya itu. Saya bersyukur banget bisa selamat... Perasaan saya bilang kalau pelaku nya itu ya geng nya orang2x yang waktu itu naik taksi itu... "
Saya : "Serem banget ya, Pak.." *gak bisa berkata2x lagi.
Supir taksi : "Saya bersyukur mbak jadi orang Jawa. Cara bicara saya ya begini dan gak gampang emosi. ha ha tau gak mbak arti blankon orang jawa itu apa? kenapa pakai keris di belakang? kenapa bendolnya blankon itu ada di belakang kepala? itu semua menggambarkan karakter orang Jawa. Meskipun kesal atau marah, mereka simpan. Padahal aslinya bisa maki2x dibelakang ha ha bisa nusuk dari belakang."
Saya :" ha ha ha bener2x :))) iya rata2x orang Jawa kaya gitu. Mereka gak menunjukkan kalau mereka marah atau apa :)) "

Supir taksi : "Mbak nanti kasih tau saya ya kalau sudah dekat tujuan."
Saya : "iya, pak. Sebentar lagi. Itu ada pom bensin belok kiri ya Pak."

Kemudian saya pun mengucapkan terima kasih dan memberikan uang :)

Pelajaran berharga yang saya dapat malam itu, dari seorang supir taksi :) Halusnya tutur kata dan budi pekerti dapat melemahkan sebilah belati yang tadinya sudah diniatkan untuk menikam.... Sikap tenang pak supir taksi ini saya kira juga termasuk kunci safety nya :) Tanpa ketenangan, kita tidak dapat berpikir jenih mengenai apa yang harus kita lakukan disaat2x genting - menyelamatkan diri.


No comments:

Post a Comment