Tuesday, April 30, 2013

Masa Kecil Part 1 :)

Saya  dilahirkan dan besar di Jakarta. Saya dibesarkan di lingkungan keluarga sederhana yang harmonis (ihiiy). Kedua orang tua saya bekerja bekerja full time saat saya masih kecil tapi alhamdulillah  kantornya ada di rumah kami sendiri karena orang tua bekerja sebagai wirausaha di bidang percetakan. Jadi ibu saya dapat mengontrol keseharian anak-anaknya dan bahkan kami anak-anaknya terkadang membantu dengan hal-hal kecil seperti mengambilkan pena dan kertas di ruang lain, mengambilkan penggaris besi panjang untuk mengukur panjang kertas, dan sebagainya.

Hal yang menarik saat saya masih kecil, saya sudah lancar membaca saat umur saya 3 tahun. Kata tante saya yang mengasuh saya saat saya masih kecil, saya senang sekali membaca apapun! Mulai dari majalah bergambar untuk anak-anak, buku seri tokoh dunia, sampai koran :D (kebayang gak sih bocah umur 3 tahun baca koran, padahal besarnya koran lebih besar dari badan saya waktu itu). Kemudian saya juga tidak segan untuk bertanya apa arti kata yang tertulis pada buku atau koran yang saya baca waktu itu. Saya pribadi takjub juga sih waktu dengar kebiasaan saya waktu kecil dari orang-orang sekitar saya, saya gila sekali dalam membaca apapun. Karena ibu saya tahu kegemaran saya, akhirnya beliau berlangganan majalah Bobo untuk saya. Nah! Saya ingat sekali saya sering tidak sabar menunggu majalah ini datang ke rumah haha bahkan saya suka menunggu mas-mas pengantar majalah di depan pintu :D Jadi jangan heran kalau saya dulu punya koleksi majalah anak-anak, buku cerita bergambar anak-anak, dan buku seri tokoh dunia yang bejibun. Katanya juga, kalau saya sudah memegang buku ditangan, saya benar-benar bisa tidak mempedulikan apapun hal-hal disekitar saya seperti memiliki dunia sendiri. Entahlah, tapi saya memang sejak dulu senang sekali membaca.

Semua koleksi majalah dan buku-buku yang pernah saya baca waktu itu sudah tidak saya simpan lagi karena ibu saya mengajarkan untuk tidak menimbun barang, jadi semua koleksi buku-buku saya disumbangkan ke tempat-tempat taman bacaan saat saya beranjak remaja. :)

Sebagai bukti kalau saya gemar sekali membaca, ibu saya pernah bercerita saat saya bersekolah di sekolah dasar sekitar kelas 3 atau kelas 4, saya sudah membaca buku tentang perbandingan agama milik ibu saya. Nah lho! :D Saat ada hal-hal yang tidak mengerti, saya tanyakan ke ibu saya maksudnya apa, kenapa begitu, lalu ibu saya akan membertikan pengertian bagaimana saya harus menyikapi dengan bahasa yang mudah untuk saya mengerti. Saya masih ingat sekali pertanyaan yang pernah saya tanyakan ke ibu saya waktu saya masih kecil "Ibu, kalo  akhirnya semua manusia mati, terus kenapa kita hidup seperti sekarang ini?" ini pertanyaan yang mengusik saya waktu saya kecil, ibu saya menjawab "kita hidup untuk beribadah kepada Allah, karena hidup ini cuma ujian buat kita supaya Allah bisa lihat mana hamba Nya yang baik dan tidak". Jujur, saya bengong dan masih bingung dengan jawaban itu. Lalu saat beranjak dewasa, saya mengerti kenapa ibu saya menjawab seperti itu, ternyata jawaban dari pertanyaan saya ada didalam Quran (Surat Adz-Dzariyat ayat 56) :) Ayah saya tidak membolehkan saya untuk membaca buku itu waktu itu, apalagi waktu beliau melihat cover buku itu ada gambar tempat beribadah umat agama lain :D Saya membaca buku itu dengan sembunyi-sembunyi hihi karena takut diambil oleh ayah saya.

Begitulah sebagian dari masa kecil saya :)




No comments:

Post a Comment