Tuesday, April 30, 2013

Seorang Adik Kecil Penjual Peyek :')

Pagi yang cerah dan bergegas menuju kampus dengan berjalan kaki karena jarak antara kosan dan kampus tidak terlalu jauh. Saya pun janjian dengan kawan di tengah perjalanan. Saat sedang asik berbincang, tiba-tiba ada 2 adik kecil memakai jilbab menjajakan peyek dengan bersepeda.

Adik kecil : Beli peyek nya, kak :) (dengan wajah terseyum manis)
Saya : ..... (melirik ke arah kawan saya) mau beli gak lu?
Kawan : ..... gw udah makan, Fi. Lu aja yang beli.
Saya : ...... maaf ya dek, saya sama kawan saya baru saja sarapan jadi tidak lapar.
Adik kecil : tidak apa2x kak, permisi :) (lagi-lagi tersenyum manis)

Saya dan kawan pun langsung mempercepat langkah karena takut terlambat, tiba-tiba adik kecil itu memanggil saya.

Adik kecil : Kak! Kak! Tunggu!
Saya : (haduh, ada apa lagi ni. Lalu berbalik arah menuju adik tersebut) Kenapa dek? (agak bete tapi penasaran)
Adik kecil : Ini, uang kakak jatuh tadi. (menyodorkan selembar uang 10ribu rupiah)
Saya : ....... eh... terima kasih banyak ya :) (sambil tersenyum)
Adik kecil : ...... (tidak berkata apa2x hanya tersenyum dan melanjutkan bersepeda)

Sepanjang perjalanan menuju kampus, saya hanya terdiam meskipun ada kawan saya disamping. Saya benar2x memikirkan adik kecil tadi. Kalau dia mau, dia bisa saja ambil uang saya, toh saya juga tidak membeli barang dagangannya. Tapi, dia justru memilih memanggil2x saya dengan sekuat tenaga hanya untuk mengembalikan uang saya yang terjatuh. Saya menyesal dalam hati.... Kenapa tidak saya beli saja peyeknya, lalu saya bagikan di kelas. Atau kenapa saya tidak berikan saja uang saya tadi kepada adik kecil itu...... Saya benar-benar menyesal..... Lalu saya berdoa semoga suatu hari nanti saya dapat kembali bertemu adik kecil itu lagi.

Allah mengabulkan doa saya :) Beberapa minggu kemudian, saya hendak menjalankan shalat ashar di masjid kampus. Tiba-tiba saya melihat adik kecil itu berada di halaman masjid! Dia membawa Quran dan tas kecil berisi buku. Saya pun mendekati teman saya, dia remaja masjid yang biasa mengurusi adik-adik asuh.

Saya : Teh, itu siapa ? Kamu kenal? (menunjuk ke arah adik kecil tersebut)
Kawan : Oh.. dia adik asuh kita juga, Fi. Setiap sore dia belajar mengaji disini. Keluarga dia penghafal Quran.
Saya : ...... (jujur, hati saya bergetar mendengar informasi dari kawan saya) Aku boleh ikut ngajar hari ini? Aku bisa ngajar apa aja.
Kawan : Boleh-boleh! Alhamdulillah! :D

Saya pun mengajar beberapa adik asuh termasuk adik kecil itu. Subhanallah, dia orang yang cerdas! Dia mudah sekali untuk diajarkan dan sorot matanya benar-benar menunjukkan sosok pribadi yang memiliki karakter kuat. Saat adik-adik yang lain bermalas-malasan dan mengeluh saat saya berikan tugas, tapi adik kecil ini justru semangat dan tidak segan bertanya hal-hal yang tidak dia ketahui. Saya puas sekali hari itu! Allah mengabulkan doa saya :)

Lagi-lagi Allah mempertemukan saya dengannya di kesempatan yang berbeda. Saat itu bulan Ramadhan dan menjelang buka puasa. Saya dan beberapa kawan pengurus masjid sedang berada di masjid untuk berbuka puasa bersama bersama-sama dengan adik2x asuh. Adik kecil itu pun hadir juga :) Saya senang sekali setiap melihat adik kecil itu entah kenapa. Kami pun berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah. Tibalah saatnya adik2x asuh pulang ke rumah masing2x. Adik kecil itu pulang tidak bersama kawan2x yang lain, karena arah rumah nya berbeda.

Saya : Kamu pulang sama siapa? Dijemput?
Adik kecil : Gak, kak. Aku pulang sendiri.
Saya: .....(waduh, ini kan sudah malam dan adik ini sendirian pula) Kamu naik angkot?
Adik kecil : Aku jalan kaki kak :) Gak apa2x, aku udah biasa :)
Saya : ... Eh jangan! ini udah malam! nanti kalau ada apa2x di jalan gimana. Kamu gak boleh jalan kaki. Rumah kamu dilalui angkot?
Adik kecil : iya kak, bisa naik angkot.
Saya : Ini untuk naik angkot (sambil menyodorkan selembar uang xxxx)
Adik kecil : gak usah kak, gak usah. aku biasa jalan kaki, gak apa2x.
Saya : Bagi ku itu gak biasa. (saya pun menarik tangan kanan adik tersebut dan menyelipkan uang di tangannya) Udah gak apa2x, yang penting kamu selamat sampai di rumah. Hati-hati ya.
Adik kecil : ..... terima kasih banyak ya kak :) (lagi-lagi tersenyum manis) Assalamualaikum
Saya : Waalaikumsalam

Alhamdulillah.... terima kasih ya Allah telah memberikan saya kesempatan untuk mengenal adik kecil itu lebih jauh dan membayar rasa bersalah saya tempo hari :)

Benar kata ibu saya. Anak dari orang tua yang shalih akan dijaga oleh Allah. Saya benar-benar melihat hal itu dari adik kecil tersebut. Karena orang tuanya peghafal Quran, Allah pun menjaga akhlak adik kecil tersebut :) Saya yakin, suatu hari nanti saya akan melihat adik kecil itu menjadi orang yang sukses namun tetap menjadi pribadi shalihah :) in shaa Allah..


No comments:

Post a Comment