Wednesday, May 8, 2013

Kecil tetapi Besar

Tahukan kalian sesuatu yang terlihat kecil bagi kita tapi memiki dampak yang besar bagi kehidupan seseorang? dan pada akhirnya sesuatu itu kembali pada diri kita sendiri. Salah satu dari sesuatu tersebut adalah kebaikan, ya kebaikan :)

Sebagai contoh nyata, saya senang sekali mendengarkan kawan-kawan saya yang sedang memiliki masalah atau sedih. Jika mereka tidak berbicara, saya tidak keberatan hanya sekedar menemani mereka duduk disampingnya untuk minum kopi atau teh. Terasa aneh memang bagi orang-orang yang melihat kami :) Tapi bagi saya, hal tersebut adalah suatu kehormatan :) Untuk orang yang sedang ada masalah atau bersedih, pada umumnya memilih untuk menyendiri dan melakukan kegiatan secara individu yang bersifat menyenangkan. Nah! Jika mereka memilih kita untuk bersamanya saat mereka sedang sedih, itu pertanda bahwa kita sosok yang menenangkan atau bahkan menyenangkan untuk mereka dan mereka percaya dengan kita :)

Saya jadi teringat awal saya menikmati kebaikan. Saat itu saya sedang pusing sekali karena ada masalah dengan studi, tiba-tiba saya mendapat telepon dari sahabat saya. Ia sedang ada masalah dengan tugas nya di sekolah dan bertanya mungkin saya dapat menolongnya. "Aduh, gw lg pusing gini belum dapat jalan keluar, tapi ada yang dateng malah minta tolong", pikir saya dalam hati. Namun saya tetap menyanggupi untuk menolongnya. Sebenarnya hanya pertolongan kecil yang dapat saya berikan. Saya mempertemukan sahabat saya untuk interview dengan guru-guru saya di tempat saya menuntut ilmu Sekolah Dasar. Saya pun menemaninya sampai selesai. Apa yang terjadi saat itu? Saya melihat ia bahagia sekali karena tugas yang menurutnya berat sudah selesai dengan baik. Dan tiba-tiba saya merasakan kebahagiaan yang sama :) Saya merasa energi positif yang terpancar dari kebahagiaannya mengalir kedalam tubuh saya. Saya merasa kembali bersemangat saat itu dan Allah memberikan saya jalan keluar atas permasalahan yang sedang saya hadapi beberapa hari setelah itu :D

Sejak saat itu saya percaya sepenuh hati dengan kekuatan kebaikan :) Oh iya, kekuatan kebaikan ini tidak hanya berlaku dengan orang-orang yang sudah kita kenal dekat lho. Ternyata kekuatan kebaikan ini juga berlaku untuk orang-orang yang awalnya tidak kita kenal sama sekali :)

Saya menjadi tutor untuk orang-orang asing dalam mempelajari bahasa Indonesia (for free atau saya tidak memungut biaya). Saya mendapat pesan dari salah satu orang asing. Ia bertanya tentang kehidupan di Indonesia dan sebagainya. Ternyata ia akan bertugas sebagai guru bahasa Inggris di Jakarta. Lagi-lagi saya menyanggupi meskipun ini pengalaman pertama untuk saya. Lucu sekali saat itu. Tempat tinggal kami agak jauh, saya tinggal di daerah Tangerang Selatan dan ia akan tinggal di daerah Jakarta Timur. Akhirnya saya pun menjadi guide dadakan :)) Ia bertanya dimana ia dapat membeli keperluan elektronik. Saya sama sekali tidak mengerti daerah Jakarta Timur tapi saya tidak kehilangan akal. Saya buka mbah google dan google map :D Lalu saya memberi arahan via sms dan telepon saat ia sedang berada di taxi karena ia sama sekali belum mengerti bahasa Indonesia :)) Kemudian ia menelepon dengan panik saat hari petang karena sedikit taxi yang melintas dan tidak ada yang mengerti bahasa Inggris di tempat itu. Saya memberikan arahan untuk bertanya kepada orang yang berseragam khusus bertuliskan "SATPAM/SECURITY" :D Ia pun benar-benar mencari satpam dan saya menyarankan ia untuk tetap bersama satpam tersebut hingga ia mendapatkan taxi. Saya pun mengirim sms dalam bahasa Indonesia agar ia mengucapkan hal yang saya tulis kepada satpam tersebut :) Intinya meminta tolong untuk mencarikan taxi hi hi :D Alhamdulillah, ia pun mendapatkan taxi dan memberikan tip untuk satpam tersebut sesuai saran saya. Saya menahan kantuk dan berdoa semoga ia sampai di apartemen dengan selamat. Setelah sampai di apartemen, ia pun mengabarkan saya dan mengucapkan terima kasih banyak. Beberapa kali saya berkunjung ke apartemennya sekedar melihat keadaannya dan menolong mungkin ada hal-hal yang dia butuhkan. Waktu itu kebetulan ia bingung dimana ia dapat membeli gas untuk memasak. Saya bertanya kepada satpam (lagi :D ) dan meminta tolong pada satpam untuk menyuruh office boy  mengantarkan gas ke kamar kawan saya tersebut. Lain hari ia ingin memasang internet pada kamarnya tetapi petugas apartemen disana tidak paham dengan bahasa Inggris. Saya pun berbicara dengan petugas di apartemen tersebut dalam bahasa Indonesia tentunya via telepon :P Dan sekarang internet sudah terpasang di kamarnya :) Saat ia sedih, ia pun bercerita kepada saya. Saya dapat mengerti perasaannya jauh dari keluarga, kekasih, plus tinggal di negara yang rata-rata penduduknya belum paham bahasa Inggris. Akhirnya saya datang ke apartemennya membawakan makanan dan 1 pak kartu remi hihi saya pun mengajaknya bermain kartu dalam bahasa Indonesia-Inggris (salah satu misi saya mengajarkan ia bahasa Indonesia meskipun hanya angka). Alhamdulillah.. Sekarang kawan saya tersebut sudah mandiri dan sudah dapat mengatasi perasaan homesick nya :) Tidak peduli berapa pulsa yang saya keluarkan, yang penting dia merasa nyaman di tanah pertiwi kita :) Kami pun berkawan akrab hingga saat ini :) Dia pernah bertanya bagaimana dia membalas kebaikan yang telah saya lakukan. Saya hanya menjawab "Tidak perlu membalas. Kamu tamu disini dan ini kewajiban saya sebagai tuan rumah :) Biar Tuhan yang membalas". Kalau begitu, terus keuntungan untuk saya apa? Saya belajar banyak tentang karakter orang lain, bagaimana menenangkan orang lain, bagaimana menghargai perbedaan, dan bagaimana mengatasi keraguan pada diri sendiri :)

Mungkin kita merasa kebaikan yang kita berikan kecil, akan tetapi bagi orang lain kebaikan dari kita tersebut bernilai besar :) Dan yang terpenting, menolong orang lain artinya Allah mengabulkan doa-doa mereka melalui kita :) Suatu kehormatan bukan saat kita menjadi salah satu duta penyebar kebaikan utusan Allah di muka bumi? ;)







3 comments:

  1. yaaa... makin gak punya, mestinya makin banyak memberi. apalagi kalo udah punyaaa :D

    enjeklopedia.wordpress.com :D *promosi

    ReplyDelete
  2. jangan memandang remeh diri sendiri, semua orang memiliki potensi kecil yang bisa dikembangkan sebesar - besarnya untuk kebaikan..

    bukan begitu Tul??
    thanks for sharing ^-^

    ReplyDelete
  3. iyes!!! :)

    You're welcome :) Keep on reading :)

    ReplyDelete