Tuesday, May 7, 2013

Terima Kasih, Gelap :)

Kegelapan atau yang biasa dipanggil dengan nama pendeknya Gelap :) , pada umumnya diimajinasikan  dengan sesuatu yang buruk atau kelam. Tapi pernahkah kita membayangkan sesuatu yang berbeda dalam kegelapan? :) Here we go...

Siang ini listrik di sekitar rumah kami mati (sudah ada pemberitahuan sejak kemarin) dan hujan turun dengan lebat. Saya pun keluar dari kamar dan duduk di samping jendela yang memang sengaja saya buka dengan lebar untuk mengusir kebosanan. Saya pun memejamkan mata... Saat kita memejamkan mata, tentu saja yang kita lihat hanyalah gambaran hitam tapi saya merasakan sesuatu yang berbeda :) Memang tetap gelap, namun hembusan angin dari luar jendela menyapu wajah saya dengan lembut kemudian percikan air hujan yang menyentuh permukaan kulit saya memberikan sensasi yang berbeda meskipun saya hanya melihat semuanya gelap. Tiba-tiba terdengar suara anak-anak yang bermain di lapangan bola tidak jauh dari pandangan saya ke luar dari jendela. Saya pun membuka mata saya... Saya melihat sekelompok anak-anak berlari-larian, tertawa di bawah hujan yang deras :) Ah, menyenangkan sekali melihat mereka bermain. Ada juga beberapa anak bermain ayunan yang mereka buat sendiri sejak beberapa minggu yang lalu. Ayunan sederhana itu terbuat dari ban bekas yang diikat dengan tali lalu digantungkan di ranting pohon yang cukup kuat. Sungguh menyenangkan... Saya pun berpikir... Jika di rumah kami tidak gelap, mungkin kami tidak akan mengalami hal yang berbeda hari ini. Mungkin mereka tidak akan keluar dari rumah untuk bermain dan lebih memilih bermain di dalam rumah apalagi hujan cukup lebat. Mungkin saya pun tidak akan merasakan sensasi yang berbeda dari kegelapan dan tentu saja saya tidak akan menuliskan sesuatu tentang gelap hari ini :)

Hujan dan gelap. Bagi anak-anak yang tadi hanya berada di dalam rumah, tentu tidak merasakan nikmatnya tertawa lepas bersama kawan sebaya di bawah derasnya hujan :) Dan mungkin mereka tidak merasakan lucu nya rasa saat berguling-gulingan bersama kawan sebaya di tanah yang basah karena hujan :) Jika hari ini tidak turun hujan, saya pasti merasakan udara yang sangat panas karena kipas angin atau air conditioner mati akibat pemadaman listrik dan kebosanan yang luar biasa :) Sungguh nikmat sekali hujan dan gelap hari ini :)

Terkadang Allah memberikan situasi yang terlihat tidak menyenangkan dalam pandangan kita. Namun, sebenarnya terdapat hikmah yang dalam jika kita mau merenungi setiap kejadian yang terjadi :) Allah ingin agar kita belajar untuk mengasah rasa dan mensyukuri atas apa yang telah diberikan. Jika tidak ada kegelapan, kita tidak akan melihat indah nya sinar bulan dan kelip nya bintang :) Jika tidak ada hujan, betapa banyak petani yang akan risau dengan pengairan sawah atau ladangnya, betapa banyak ikan-ikan di sungai yang merindukan banyaknya volume air :) Jika tidak ada masa-masa yang kelam, tidak akan kita mengenal sosok jiwa-jiwa yang berperangai santun hingga menginspirasi kehidupan kita saat ini. Semua mengandung hikmah :) Bersabar dan bersyukurlah! :)

No comments:

Post a Comment