Friday, May 24, 2013

Tips dari benci menjadi cinta... Oh bahasa asing :)

Zaman dahulu kala saat masih remaja, saya sama sekali tidak suka bahasa asing :)) Entah kenapa, menurut saya membosankan dan saya belum tahu fungsinya apa waktu itu. Tapi lucunya, kawan-kawan dekat saya itu pandai sekali berbahasa asing (bahasa Inggris). Nah... Saya mulai tertarik dengan bahasa asing waktu itu karena sahabat saya suka sekali dengan band-band brithpop yang semua lyricsnya berbahasa jawa, eh Inggris :D Selain itu juga karena ayah saya mendorong saya untuk menuntut ilmu di salah satu institut untuk mempelajari bahasa Inggris dan semua tenaga pengajarnya memang orang asing, saya menuntut ilmu disana hampir 2 tahun. Alhamdulillah... Sekarang saya akan berbagi pengalaman saat saya mengajar bahasa Inggris :) Here we go..


Saya waktu itu mengajar di tempat home schooling yang rata-rata muridnya chinese dan non-muslim. Sempat kontra sedikit dengan pemilik karena saya memakai jilbab. Tapi saat beliau melihat cara saya mengajar, beliau menjadi tertarik dan mengijnkan saya untuk mengajar disana :) Alhamdulillah...

Suatu hari saya di tempatkan untuk mengajar bahasa Inggris. Nah inilah murid pertama saya, nama nya Andrian. Dia kelas 5 di Sekolah Dasar. Pimpinan sekolah memberitahukan kepada saya informasi mengenai Andrian. Dia anak yang pintar di sekolah nya, tapi dia lemah sekali untuk bahasa Inggris. Saat saya lihat raportnya, Wow.... Anak ini bukan anak sembarangan. Semua mata pelajaran nilai nya diatas 8,5 bahkan mencapai 9. Hanya bahasa Inggris yang nilai nya 6. Tantangan yang sulit.... Tibalah saatnya saya bertemu Andrian.

Saya : Halo, nama ku Afi :) 
Andrian : Aku Andrian. Ibu yang ngajar aku?
Saya : Iya, tapi anggap aku seperti kawan ya :) Relax aja. Kamu sudah makan?
Andrian : Udah, miss. 
Saya : Ok, aku kasih waktu kamu 5 menit untuk istirahat sebentar ya (saya lihat nafasnya dia masih terengah-engah sepertinya habis berlari).
***
Saya : Bisa kita mulai?
Andrian : Bisa, miss.
Saya : Kita ngobrol santai dulu ya. Hobi kamu apa?
Andrian : Aku suka banget berenang ama sepak bola (mata berkaca-kaca terlihat sekali ia mulai antusias)
Saya : Wah, bagus itu! Berenang sama kawan?
Andrian : Enggak miss, sama kakak aku. Kalau sepak bola baru sama temen-temen sekolah. 
Saya : Oooh, selain itu kamu suka apa lagi?
Andrian : Aku suka teknologi.
Saya : Maksudnya kaya robot2x gitu?
Andrian : Iya, miss! :D Aku suka banget! Sekolah aku menang terus kalo ada kompetisi robotic! :D
Saya : Wah, keren! :D (jadi terbawa antusias) Oh iya, kamu kenapa les bahasa Inggris?
Andrian : Nilai bahasa Inggris ku jelek-jelek, miss. Cuma bahasa Inggris aja. 
Saya : hmm.. kenapa bisa gitu? 
Andrian : Aku gak suka ama guru-guru yang ngajar bahasa Inggris. Ngebosenin.
Saya : hmmm... (aduh, bener-bener tantangan berat neh) Oh gitu.. Kamu anggap aku kaya kawan aja ya, anggap aja kakak kelas atau teman kamu. Kamu bisa ngobrol apa aja sama aku, tanya apa aja boleh. Jangan malu.. Eh, aku dulu juga gak suka bahasa Inggris lho.
Andrian : Aaaaah hahaha miss boong! Masa gak suka bahasa Inggris sekarang ngajar bahasa Inggris?! :P 
Saya : Bener! Panjang ceritanya... Aku suka karena aku sudah tau manfaatnya apa. Nah, kamu sudah tau manfaatnya bahasa Inggris belum?
Andrian : ...hmm... apa ya.. untuk ngomong sama orang asing?
Saya : Yap, itu salah satunya. Tapi ada yang lebih penting. Cita-cita kamu apa?
Andrian : Aku pingin jadi dokter, miss.
Saya : Nah, buku-buku kedokteran itu nanti rata-rata pake bahasa Inggris lho :) Bahasa asing itu bermanfaat sekali saat kamu ingin mengenal dunia luar lebih luas, mencari informasi, ilmu. :) Termasuk berkomunikasi dengan orang-orang asing. 
Andrian : oh gitu... 
Saya : Bisa lihat buku bahasa Inggris yang kamu pelajari di sekolah?
Andrian : Boleh, miss.

Setelah diamati rata-rata isi buku tersebut adalah bacaan panjang (reading session) yang nanti akan ada pertanyaan di sesi terakhir tiap Bab. 

Saya : Jadi nanti gini, kamu baca dulu 5 menit coba pahami maksud bacaan itu apa. ok?
Andrian : Ok. (mulai membaca dalam hati)
Saya : *setelah 5 menit. Sudah tau maksudnya apa? 
Andrian : Apa ya miss.. Gak ngerti :( 
Saya : Oh ok, gak apa-apa. Sekarang kamu baca sendiri dengan suara agak keras ya. Nanti kita baca bareng2x. Suara kamu agak keras ya supaya aku bisa dengar. Nanti kalau ada pronounciation yang kurang tepat, aku bilang ke kamu stop dulu supaya aku bisa beri tahu prononciation yang benar. Ok? Setelah itu, nanti aku akan baca semuanya dan kamu mendengarkan cara aku membaca.
Andrian : Ok. (mulai membaca dengan suara keras)

Anak ini bagus untuk prononciationnya hanya saja dia tidak mengerti apa yang dia katakan.

Saya : Prononciation kamu bagus (saya memberikan pujian) :) Sekarang aku minta kamu artikan semua kalimat itu, 10 menit ya. Kamu bawa kamus?
Andrian : Bawa, miss. 
Saya : Saat kamu mau mengartikan suatu kalimat, kamu gak perlu tahu arti setiap kata. Cukup ambil arti secara luasnya aja :) Tapi kalau masih bingung, silahkan cari arti dari kata2x yang kamu memang gak ada gambaran sama sekali kira-kira itu artinya apa. Bisa paham maksudku?
Andrian : Bisa, miss. Ok.

Setelah selesai mengartikan semuanya dan saya membantu sedikit untuk maksud dari kata-kata yang dia tidak mengerti. Saya pun bertanya mengenai makna dari bacaan yang sudah dia baca. Alhamdulillah... Berhasil. Dia mengerti makna isi bacaan yang dia baca :) 

Saya : Sekarang kita main game dulu yuk!
Andrian : Game apa?? :O (antusias sambil bengong)
Saya : Gini, aku sebutin beberapa kata, ntar kamu tulis di kertas kira2x tulisan dari kata tersebut apa. Masih berhubungan sama bacaan yang tadi kamu baca kok. 
Andrian : Oooh, ok2x! Aku boleh baca lagi gak sekarang? sebentaaar aja. 
Saya : Boleh :D

Setelah selesai game, kita pun koreksi bersama setiap kata :) serta saya bertanya bagaimana prononciationnya, kemudian lihat di buku cetak bagaimana penulisan yang benar, dan menjelaskan apa arti dari kata tersebut. 

Saya : Kamu mau istirahat dulu? 
Andrian : Iya, miss. 
Saya : Ok, kamu tau main ayam-ayaman gak? 
Andrian : hahaha kaya gimana??

Saya pun menjelaskan permainan yang menggunakan jempol seperti adu ayam :D Akhirnya saya ajak dia main sebentar. Saking asiknya kita main, anak-anak murid dari guru lain malah jadi pingin ikutan main hahaha :D Saya baru ijinkan mereka main kalau guru mereka sudah mengizinkan. 

Di sesi terakhir, biasanya saya bertanya apakah dia ada Pekerjaan Rumah (PR) dari sekolah atau tidak. Kalau ada, saya akan bantu Andrian untuk mengerjakan PR nya. Kemudian saat dia akan ada ulangan harian esok harinya, saya akan coba review materi2x nya.

Begitulah setiap harinya saat saya mengajar. Hingga suatu hari....

Andrian : Miss!!!! Nilai ulanganku udah dibagiin ni!
Saya : Oh ya?! Waaaah coba aku mau liat dooong!!

Saya memegang 1 kertas bertuliskan nama Andrian pada mata pelajaran Bahasa Inggris... Andrian mendapatkan nilai 9,8. Aaaaaah... mata saya tiba-tiba berkaca melihat kertas tersebut.... 

Saya : Andrian, ini hasil murni dan jujur dari kamu sendiri kan? :')
Andrian : Iya dooooong, miss!! Aku gak suka nyontek tauk :D Itu murni hasilku sendiri!! :D

Saya memberikan selamat dan berdoa untuk nya :) 

Saat mendekati ujian tengah semester, seseorang yang tidak saya ketahui nomornya menelpon saya di malam hari. 

Penelpon : Halo, apakah benar ini ibu Afi?
Saya : Iya, benar. Saya Afi. Ada yang bisa saya bantu?
Penelpon : Saya ibu nya Andrian, miss. Terima kasih banyak sudah membantu anak saya dalam pelajaran bahasa Inggris *suara senang. Mohon bimbingannya ya Bu, sebentar lagi dia akan menjalani ujian tengah semester. 
Saya : Oh sama-sama. Baik, bu. Saya akan berusaha yang terbaik. 
Penelpon : Begitu saja, bu. Terima kasih banyak
Saya : Ya, bu. Sama-sama
***

Alhamdulillah semakin hari nilai-nilai Andrian semakin jauh lebih baik untuk bahasa Inggris sampai akhir semester :) 

Hingga pada suatu hari...

Saya : Andrian, besok aku sudah tidak bisa mengajar kamu lagi..
Andrian : Yaaah :( Kenapa miss?? Aku nakal ya??
Saya : Enggak, bukan-bukan. hehe kamu anak baik :) Kamu juga pinter!! Aku harus konsentrasi penelitian di laboraturium untuk kuliah ku. 
Andrian : ...... Kalo miss berenti ngajar, aku juga berenti les! 
Saya : Jangan gitu. Nanti ada guru baru kok yang lebih baik dari aku :)
Andrian : Gak mau! Aku nanti berenti aja kalo miss pergi!
Saya :.....(aduh, bingung deh)... Hmm, kamu masih ingat kan cara-cara aku ngajar kamu? 
Andrian : Masih, miss.. 
Saya : Nanti kamu bisa minta guru yang baru untuk ngajar kamu dengan metode yang sama seperti aku ngajar kamu :) 
Andrian : ... (muka sedih dan bete) iya...
Saya : Aku percaya kamu nanti bisa jadi dokter yang profesional! :) Tetap belajar ya meskipun aku sudah gak ngajar kamu nanti :) Aku mau nanti liat kamu jadi dokter pas kamu sudah besar! 

Itulah pertemuan terakhir saya dengan Andrian.. :) 

Saat saya menulis ini, masih tergambar jelas di otak kanan saya wajah spontannya saat senang, bingung, sedih :) 

Saya yakin suatu saat nanti ia akan menjadi orang hebat di negeri ini :) Dari benci menjadi cinta dengan bahasa asing :) 

Terus mana tipsnya?? Bingung ya dengan kata2x yang saya cetak tebal? Itu lah tipsnya ;) 



No comments:

Post a Comment